Hallo teman-teman Sutet, kali ini kita akan membahas Bumi. Kita semua pasti tahu bumi kan? sebuah planet yang sekarang kita pijak. Tempat dimana orang tua, saudara, teman, pacar, mantan, jombo tinggal saat ini.

Bumi adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya. Bumi juga merupakan planet terbesar dari empat planet kebumian (terestial) di Tata Surya. Bumi terkadang disebut dengan dunia atau Planet Biru. Sekarang, mari mengenal bumi!

1. Bumi Tidak Bulat




Berarti Bumi kotak? tidak. Bumi tetap bulat namun tak sebulat tahu bulat. Faktanya, jari-jari Bumi di Khatulistiwa lebih panjang daripada jari-jari di Kutub Bumi. Di khatulistiwa 6.378,1 km sedangkan di kutub 6.356,8 km.

2. Komposisi Bumi




Bagan diatas menunjukan komposisi-komposisi yang menyusun planet Bumi, dari komposisinya kita bisa menyimpulkan planet bumi termasuk planet Terestial, karena penyusunnya berbentuk padat.

3. Struktur Bumi


Bumi terdiri dari berbagai lapisan, dan lapisan yang paling tebal adalah mantel bumi (2.883 km). sementara kita berpijak diatas lapisan kerak yang tebalnya (0-100 km).

4. Lempeng Bumi

Berkas:Plates tect2 id.svg
Sampai saat ini Bumi adalah satu-satu planet yang memiliki lempeng tektonik aktif. Di Bumi sendiri terdapat 7 Lempeng tektonik utama. Yaitu, Lempeng Afrika, Lempeng Antarktika, Lempeng Australia, Lempeng Eurasia, Lempeng Amerika Utara, Lempeng Amerika Selatan,dan Lempeng Pasifik.

Sekian postingan kali ini, mohon maaf apabila ada kesalahan. Terima Kasih.